Senin, 12 November 2012

Corel Draw

Diposting oleh Unknown di 22.39


COREL DRAW X3

  1. Mengenal Corel Draw X3
    Corel Draw merupakan editor grafik vektor.
Jendela aplikasi corel draw X3 secara default terdiri dari :
      1. Title Bar : berada pada barispaling atas, memanjang ke kanan; berisi keterangan tentang fileyang sedang aktif

      2. Menu Bar : berada di bawahtittle bar yang berisi pilihan-pilihan menu yang akan menjajar kebawah (drop-down) bila diklik.

      3. Tool Bar : berada pada baris ke tiga; berisi jalan pintas (shortcuts) yang menuju ke menu dan perintah-perintah lainnya.

      4. Property Bar : berisi perintah-perintah yang berhubungan dengan objek atau perangkat yang sedang aktif.

      5. Toolbox : berada pada sisi sebelah kiri, memanjang ke bawah; berisi perangkat-perangkat (tools) yang akan kita gunakan dalam membuat gambar, memberi warna, ataupun melakukan modifikasi

Command dan tool – tool yang terdapat pada corel draw X3

      1. Property Bar : berisi fungsi-fungsi yang paling umum digunakan yang menampilkan perangkat atau kerja yang sedang kita lakukan.

      2. Toolbox :berisi perangkat-perangkat (tools) yang akan kita gunakan dalam membuat gambar, memberi warna, ataupun melakukan modifikasi-modifikasi terhadap objek dan gambar.

      3. Docker : seperti dialog box, menampilkan tombol-tombol perintah, pilihan-pilihan dan daftar-daftar.


                     MENGENAL SHAPING
      1. 1. Trim : menghilangkan suatu bagian dari salah satu objek yang saling tumpang tindih (overlap)

        2. Weld : dengan perintah ini kita bisa membuat suatu bentuk baru yang merupakan gabungan dari objek-objek yang kita pilih. 
         
        3. Intersect : Merupakan suatu bentuk yang berasal dari dua atau lebih objek yang saling tumpang tindih (overlap).

Melakukan Teknik SHAPING
  1. Melalui Menu Bar : Aktifkan objek-objek yang akan dilakukan proses trim, weld atau intersect. Klik menu arrangeshaping – trim/intersect/weld. Dengan cara ini, bila kita melakukan proses trim atau intersect, maka source object akan tetap ada (tidak terhapus).

  2. Melalui Menu Docker : Aktifkan objek (atau objek-objek) yang akan kita trim/ weld/ intersect, Bila jendela docker shaping belum muncul pada sidebar kanan, munculkan dengan cara mengklik pada menu bar window–dockers–shaping; Pada docker shaping di bawah tulisan Shaping akan terdapat pilihan perintah berupa drop down menu yang berisikan Weld, Trim, Intersect, Simplify, Front Minus Back dan Back Minus Front bila kita mengklik tanda “v”. Pilihlah perintah yang ingin kita jalankan (misalnya kita pilih Trim 
    Langkah - Langkah Membuat Logo BMW
    1. Buat lingkaran yang simetris dengan menahan tombol ctrl dan beri warna hitam sebagai dasar atau bacgkround logo

    2. Buat lingkaran yang simetris juga pilih menu PIE, pada starting and ending angels beri 0 derajat untuk starting angels dan 90 derajat untuk ending angels, sekarang sudah menjadi seperempat lingkaran

    3. Duplikat seperempat lingkaran dengan menekan ctrl+D menjadi 4 bagian, 2 berwarna biru dan 2 berwarna putih

    4. Pilih seperempat lingkaran yang berwarna biru putar masing-masing 90 derajat dan 270 derajat

    5. pilih seperempat lingkaran yang berwarna putih putar masing-masing 0 derajat dan 180 derajat

    6. susun mulai dari seperempat lingkaran berwarna biru 90 derajat dan di sebelahnya putih 0 derajat

    7. untuk bagian bawah susun mulai dari seperempat lingkaran putih 180 derajat dan biru 270 derajat

    8. Buat tulisan B M W masing-masing atau secara terpisah dengan ukuran di sesuaikan pada lingkaran yang dibuat dengan waran putih format tulisan

    9. untuk tulisan B putar 45 derajat letakan di Pojok kiri atas seperempat lingkaran warna biru

    10.untuk tulisan M letakan di tengah-tengah

    11.untuk tulisan W putar 320 derajat letakan di pojok kanan atas seperempat lingkaran warna putih

    MEMBUAT LOGO SCTV
    1. Buat 3 lingkaran dengan ukuran yg berbeda beda. tindikan menjadi satu dengan menyatukan titik sebelah kanan - tengah menjadi satu.
    2. Buat persegi panjang dengan ukuran lebih besar dari jari jari lingkaran terbesar. posisikan persegi panjang menutupi setengah lingkaran secara horizontal

    3. Gunakan persegi panjang sebagai source object 

    4. aktifkan arrange - shaping (akan muncul disebelah kanan area kerja)

    5. Klik persegi panjang kemudian klik tombol TRIM

    6. Beri tanda ceklist pada source object

    7. klik lingkaran besar

    8. Ulangi perintah 5 - 7 untung lingkaran sedang dan kecil.

    9. hapus persegi panjang

    10. beri warna pada masing - masing objek hasil shaping tadi

    11. tulis SCTV di bawah objek menggunakan text tool

0 komentar:

Posting Komentar

 

Maya's Blog Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos