Senin, 12 November 2012

Microsoft Excel

Diposting oleh Unknown di 22.41
Referensi atau acuan merupakan identifikasi sebuah sel atau beberapa sel. Sel dapat pula disebut sebagai alamat atau referensi. Berdasarkan sifatnya, saat mengkopi rumus kita dapat  mengelompokkan referensi-referensi yang dimiliki Excel menjadi  3 jenis.  Yaitu :
1.  Referensi Relatif, merupakan alamat atau referensi sel secara umum. Contohnya A5, bila referensi ini dikopi ke sel berikutnya (ke bawah), referensi berikutnya akan berubah menjadi referensi A6, A7, A8 dan seterusnya. Bila sel ini dikopi ke samping kanan, maka referensi berikutnya menjadi B5, C5, D5 dan seterusnya.Contoh lihat tabel di bawah
Pada sel F5 ketik rumus =C5+D5+E5, kemudian pada sel selanjutnya F6 dan F7 diperoleh dengan mengkopi, begitu pula pada sel C8 ketik rumus =C5+C6+C7, untuk sel D8 dan E8 juga diperoleh dengan mengopi sel C8 (drag ke kanan). jika semua dilakukan dengan benar maka akan diperoleh seperti tabel di bawah ini.



Formula pada tabel di bawah ini diperoleh dengan klik formula lalu klik show formula (ms excel 2007) atau klik tool, option, view lalu centang formula (ms excel 2003)


2. Referensi Absolut, merupakan alamat atau referensi yang mempunyai nilai tetap (absolute), contoh $A$5. Untuk memunculkan tanda $ sebagai referensi absolut adalah dengan menekan tombol F4. Bila referensi absolut ini dikopi, baik ke kanan maupun ke bawah, akan mempunyai alamat atau referensi tetap yaitu $A$5. Lihat contoh latihan di bawah ini.





3. Referensi Semiabsolut (campuran), merupakan alamat atau referensi yang mempunyai nilai semiabsolut atau nilai campuran, misalnya :
$A5, artinya kolom A adalah referensi absolut dan baris 5 sebagai sebagai referensi relatif. Apabila sel ini dikopi ke kanan sel akan tetap $A5. Bila dikopi ke bawah, sel akan berubah menjadi $A6. contoh

 A$5, artinya kolom A adalah referensi relatif dan baris 5 sebagai referensi absolut, bila sel ini dikopi ke kanan sel ini akan mempunyai nilai B$5 tetapi bila dikopi ke bawah akan mempunyai nilai tetap yaitu A$5. Contoh

 
untuk menggunakan sel campuaran ini dapat mengetik alamt selnya secara manual, atau dapat pula dengan dengan langkah-langkah berikut :
  • ketik =
  • ketik sel yang dinginkan, misal C5 (sel referensi relatif)
  • tekan F4 satu kali, sel akan berubah $C$5 (referensi absolut)
  • tekan F4 dua kali sel menjadi C$5 (sel campuran, yaitu kolom relatif dan baris absolut)
  • tekan F4 tiga kali sel menjadi $C5 (sel campuran, yaitu kolom absolut dan baris relatif)
  • tekan F4 empat kali sel menjadi referensi relatif kembali.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Maya's Blog Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos